Pekerjaan dalam pengembangan program vokasional melibatkan penyusunan dan penyesuaian kurikulum dan modul pembelajaran untuk keperluan pelatihan vokasional.
Tugas utama mencakup melakukan riset pasar tenaga kerja, mengidentifikasi kebutuhan industri, dan merancang program pelatihan yang relevan dan sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan pihak terkait seperti pengusaha, lembaga pelatihan, dan institusi pendidikan untuk memastikan program vokasional dapat memberikan kompetensi yang dibutuhkan oleh peserta didik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan pengembang program vokasional adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang bidang pendidikan dan keterampilan, serta memiliki kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan program-program pembelajaran yang efektif.
Dalam pekerjaan ini, seorang pengembang program vokasional juga harus memiliki kemampuan problem-solving yang kuat dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan.
Jika kamu tidak memiliki ketertarikan dalam bidang teknologi, kurang memiliki keterampilan pemrograman, dan tidak suka berada di depan komputer sepanjang waktu, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang pengembang program vokasional.
Ekspektasi: Seorang pengembang program vokasional dianggap hanya akan bertanggung jawab dalam membuat program-program pelatihan yang inovatif dan efektif. Realita: Sebenarnya, mereka juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan industri, membangun kerjasama dengan perusahaan, dan mengawasi pelaksanaan program tersebut.
Sejumlah miskonsepsi tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya fokus pada bidang pendidikan dan kurang memperhatikan perkembangan teknologi. Namun, seorang pengembang program vokasional harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri sehingga program yang dibangun tetap relevan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti dosen atau instruktur pelatihan, adalah bahwa pengembang program vokasional memiliki tugas yang lebih strategis dan komprehensif. Mereka tidak hanya mengajar, tetapi juga mengelola, mengembangkan, dan mengevaluasi program secara keseluruhan.