Pengembang VR/AR

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pengembang VR/AR melibatkan pembuatan dan pengembangan aplikasi dan konten virtual reality dan augmented reality.

Tugas utama termasuk merancang dan mengembangkan lingkungan virtual, objek 3D, serta interaksi dan pengalaman pengguna yang menarik.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengujian, debugging, dan optimalisasi aplikasi VR/AR untuk memastikan kinerja yang baik dan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang VR/AR?

Seorang yang kreatif, memiliki pengetahuan dalam bidang teknologi, dan memiliki kemampuan pemrograman yang baik akan cocok dengan pekerjaan Pengembang VR/AR.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kreativitas yang tinggi dan kemampuan untuk berpikir secara visual.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pemahaman dalam teknologi virtual reality dan augmented reality, kamu mungkin tidak cocok menjadi seorang pengembang VR/AR.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang pengembang VR/AR akan memiliki akses terus-menerus ke teknologi canggih dan akan terlibat dalam pengalaman virtual atau augmented reality yang menakjubkan setiap hari.

Realita: Sehari-hari, seorang pengembang VR/AR juga harus menghadapi tantangan teknis dan masalah dalam mengoptimalkan kinerja, memecahkan bug, dan menghadapi keterbatasan perangkat keras.

Perbedaan dengan profesi terkait: Meskipun terkait, pengembang VR/AR berbeda dari game developer. Pengembang VR/AR lebih fokus pada pengembangan pengalaman realitas virtual dan augmented reality yang melibatkan pengguna dalam dunia yang sedang diciptakan, sementara game developer lebih fokus pada pengembangan permainan dan interaksi pengguna di dalamnya.

Ekspektasi: Seorang pengembang VR/AR akan selalu bekerja di lingkungan kreatif dan inovatif dengan banyak kebebasan dalam merancang pengalaman baru.

Realita: Meskipun ada elemen kreativitas dalam pengembangan VR/AR, seorang pengembang juga harus memperhatikan batasan teknis dan kebutuhan bisnis dalam setiap proyek yang mereka kerjakan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika/Ilmu Komputer
Sistem Informasi
Desain Grafis
Multimedia
Teknik Elektro
Matematika/Statistika
Fisika
Seni dan Desain
Teknik Mesin
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Go-Jek
Tokopedia
Traveloka
Bukalapak
Kaskus
Telkomsel
Djarum
Garuda Indonesia
Blibli
XL Axiata
Tags