Penjualan Statistik

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang penjualan statistik melibatkan analisis data dan presentasi hasil penjualan kepada klien.

Tugas utama meliputi mengumpulkan data penjualan, menganalisis tren dan pola penjualan, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam bisnis.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi yang efektif dengan klien untuk memahami kebutuhan mereka dan memberikan solusi yang sesuai.

Apa saya cocok bekerja sebagai Penjualan statistik?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penjualan Statistik adalah seorang analis data yang handal, memiliki pemahaman mendalam tentang statistik dan dapat menerjemahkan data menjadi wawasan yang berharga bagi tim penjualan.

Dalam pekerjaan ini, seseorang juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat berinteraksi dengan pelanggan dan tim penjualan untuk menyampaikan temuan statistik dengan jelas dan persuasif.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit membangun hubungan dengan pelanggan, dan tidak memiliki minat dalam menganalisis data, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan penjualan statistik.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Penjualan statistik adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menjual data statistik kepada klien tanpa memahami secara mendalam analisis data tersebut.

Ekspektasi yang tidak realistis adalah bahwa Penjualan statistik akan selalu mendapatkan hasil penjualan yang tinggi dan cepat, padahal proses penjualan data statistik bisa memakan waktu dan memerlukan negosiasi yang kompleks.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti ahli bisnis atau penasihat keuangan, adalah fokus utama Penjualan statistik adalah menjual data statistik dan memiliki pemahaman mendalam tentang analisis statistik, sementara profesi lain lebih cenderung memberikan rekomendasi atau saran berdasarkan data statistik yang sudah ada.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Statistik
Matematika
Ekonomi
Manajemen Bisnis
Ilmu Komputer
Administrasi Bisnis
Pemasaran
Komunikasi
Psikologi
Studi Perilaku Konsumen

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen Indonesia
Kantar Worldpanel Indonesia
Ipsos Indonesia
Indofood CBP
Unilever Indonesia
Nestle Indonesia
Coca-Cola Amatil Indonesia
PT Sido Muncul
Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk