Pekerjaan sebagai Penyusun E-valuta Assessments memerlukan kemampuan dalam menyusun dan mengembangkan soal-soal evaluasi untuk pengukuran kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi.
Tugas utama meliputi analisis kurikulum, penyusunan soal evaluasi, dan pengujian validitas serta reliabilitas instrumen penilaian.
Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan kolaborasi dengan tim pengembang kurikulum dan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam asesmen pembelajaran.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penyusun E-valuta Assessments adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang evaluasi pembelajaran online dan mampu menerapkan prinsip-prinsip evaluasi yang efektif. Selain itu, seseorang yang memiliki keterampilan dalam merancang dan mengembangkan instrumen evaluasi yang valid dan reliabel juga akan cocok dengan pekerjaan ini.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat, tidak bisa bekerja dengan data dan angka, serta tidak memiliki minat yang tinggi dalam teknologi dan sistem informasi.
Miskonsepsi tentang profesi Penyusun E-valuta Assessments adalah ekspektasi bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan penilaian secara objektif tanpa memperhatikan konteks dan tujuan pengujian.
Realita profesi Penyusun E-valuta Assessments adalah mereka harus memahami konteks ujian, menggali informasi penting, dan merancang pertanyaan yang relevan serta sejalan dengan tujuan pengujian.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pengembang tes konvensional, adalah Penyusun E-valuta Assessments harus memperhatikan aspek teknologi dalam penilaian online dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang alat evaluasi digital.