Pekerjaan ini melibatkan promosi dan pemasaran hasil tangkapan perikanan kepada konsumen.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi pasar potensial, menjalin hubungan dengan pembeli, dan mempromosikan produk perikanan kepada mereka.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan harga pasar, analisis permintaan konsumen, dan pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk perikanan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Petugas Pemasaran Hasil Perikanan Tangkap adalah seorang yang memiliki pengetahuan luas tentang industri perikanan, memiliki keterampilan dalam pemasaran, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pelanggan dan mitra bisnis.
Dengan tugas utamanya dalam memasarkan hasil perikanan tangkap, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan tentang industri perikanan, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi petugas pemasaran hasil perikanan tangkap adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan penjualan ikan dan produk perikanan, padahal sebenarnya meliputi berbagai tugas administratif dan mengelola jaringan distribusi.
Ekspektasi umumnya adalah bahwa petugas pemasaran hasil perikanan tangkap akan memiliki waktu luang dan bisa menikmati produk perikanan yang segar setiap hari, namun realitanya pekerjaan ini seringkali membutuhkan waktu bekerja yang panjang dan tantangan dalam menjaga kualitas produk yang cepat membusuk.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti petugas penjualan makanan laut di restoran, adalah bahwa petugas pemasaran hasil perikanan tangkap bertanggung jawab untuk memasarkan produk perikanan ke berbagai tujuan, termasuk industri pengolahan dan pembelian grosir.