Tugas pekerjaan ini melibatkan pengembangan produk pariwisata untuk menarik wisatawan dan meningkatkan jumlah kunjungan.
Tugas utama meliputi penelitian pasar, analisis tren pariwisata, dan pengembangan paket wisata yang menarik dan berbeda.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan mitra lokal, seperti hotel dan restoran, serta promosi produk pariwisata melalui pemasaran digital dan media sosial.
Seorang yang kreatif, inovatif, dan memiliki wawasan luas tentang pariwisata serta banyak ide untuk mengembangkan produk pariwisata yang menarik, akan cocok untuk pekerjaan sebagai Petugas Pengembangan Produk Pariwisata.
Sebagai penanggung jawab dalam mengembangkan produk pariwisata, seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan analisis yang baik dalam mempelajari pasar pariwisata dan mencari peluang yang bisa dikembangkan.
Orang yang tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri pariwisata dan tidak memiliki kreativitas dalam mengembangkan produk pariwisata tidak cocok untuk menjadi seorang petugas pengembangan produk pariwisata.
Ekspektasi: Petugas Pengembangan Produk Pariwisata bekerja di lapangan setiap hari, bepergian ke tempat-tempat wisata, dan sering berhubungan dengan wisatawan.
Realita: Sebagian besar waktu petugas ini dihabiskan di kantor, melakukan penelitian dan analisis pasar, merencanakan strategi pengembangan produk, serta berkoordinasi dengan pihak terkait.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Petugas Pengembangan Produk Pariwisata berfokus pada pengembangan dan peningkatan produk pariwisata, sementara Profesional Pariwisata lebih mengarah ke pengelolaan operasional objek wisata.
Ekspektasi: Petugas Pengembangan Produk Pariwisata bekerja dengan mudah mendapatkan promosi dan tunjangan karena hubungannya dengan industri pariwisata yang maju.
Realita: Promosi dan tunjangan masih bergantung pada kinerja dan kontribusi yang diberikan, tidak hanya bergantung pada hubungan dengan industri pariwisata.