Produser Iklan Televisi

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai produser iklan televisi melibatkan pengembangan dan produksi iklan televisi untuk klien.

Tugas utama meliputi membuat konsep iklan, mengatur jadwal produksi, mengkoordinasi kru produksi, dan mengawasi proses produksi iklan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi dengan klien dan pemasok untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam batas waktu yang ditentukan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Produser iklan televisi?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Produser iklan televisi adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang baik tentang pasar iklan, dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat.

Dalam pekerjaan ini, produser iklan televisi juga harus memiliki kemampuan multitasking yang baik, mampu bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, dan memiliki kemampuan negosiasi yang baik untuk berkomunikasi dengan klien.

Jika kamu tidak memiliki imajinasi yang kreatif, sulit beradaptasi dengan perubahan yang cepat, dan tidak terbiasa bekerja di bawah tekanan, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi produser iklan televisi.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang produser iklan televisi diharapkan memiliki karisma dan kreativitas tinggi dalam menciptakan iklan-iklan yang mengagumkan.

Realita: Sebenarnya, seorang produser iklan televisi juga harus menghadapi tekanan waktu yang ketat, berkoordinasi dengan banyak pihak, dan menghadapi berbagai tantangan teknis.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Terkadang produser iklan televisi seringkali dicampuradukkan dengan sutradara iklan televisi.

Perbedaan antara mereka adalah bahwa produser iklan televisi lebih bertanggung jawab dalam mengatur manajemen, anggaran, dan proses produksi iklan, sementara sutradara bertanggung jawab untuk mengarahkan visual dan estetika iklan.

Miskonsepsi: Profesi produser iklan televisi dipandang secara umum sebagai pekerjaan yang glamor dan penuh kemewahan.

Realita: Meskipun ada momen-momen yang mengesankan dalam profesi ini, sebenarnya produser iklan televisi juga harus melewati banyak tantangan dan bekerja keras untuk memastikan kesuksesan iklan, baik dari segi kualitas maupun hasil penjualannya.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Ilmu Komunikasi
Jurnalisme
Pemasaran
Desain Grafis
Seni Rupa
Film dan Televisi
Periklanan
Public Relations
Broadcasting

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Indosiar Visual Mandiri (Indosiar)
PT Emtek Tbk (SCTV)
PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC TV)
PT Trans Media Corpora (Trans TV)
PT RCTI (RCTI)
PT Cosmopolitan Media Tbk
PT Visi Media Asia Tbk (ANTV)
PT Viva Media Baru (RTV)
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Net TV)
PT Cakrawala Andalas Televisi (Metro TV)