Produser Televisi Atau Radio

  Profil Profesi

Mengelola produksi acara televisi atau radio, mulai dari perencanaan hingga pengawasan saat siaran.

Bertanggung jawab dalam menciptakan konten yang menarik, mengatur jadwal produksi, dan melibatkan tim kreatif dalam proses produksi.

Memastikan segala hal terkait produksi, seperti persetujuan lisensi, pemilihan lokasi, dan pengaturan anggaran, terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Apa saya cocok bekerja sebagai Produser televisi atau radio?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Produser televisi atau radio adalah seorang kreatif dengan visi yang jelas dalam merancang dan mengatur konten yang menarik untuk acara televisi atau radio.

Dalam pekerjaan ini, seorang produser juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan mampu bekerja dengan tim yang beragam untuk mencapai hasil yang berkualitas.

Jika kamu tidak memiliki kreativitas yang tinggi, sulit bekerja di bawah tekanan, dan tidak suka berkomunikasi dengan banyak orang, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang produser televisi atau radio.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi produser televisi atau radio adalah bahwa mereka hanya mengatur jadwal tayangan atau memilih lagu yang akan diputar. Padahal, mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan ide konten, mengatur produksi, mengelola anggaran, dan berkolaborasi dengan tim kreatif lainnya.

Ekspektasi yang salah tentang menjadi produser televisi atau radio adalah bahwa pekerjaan mereka glamor dan penuh kejutan. Namun, kenyataannya membutuhkan kerja keras, kemampuan beradaptasi dengan cepat, dan banyak waktu yang dihabiskan di balik layar atau di ruang produksi.

Perbedaan antara profesi produser televisi atau radio dengan profesi yang mirip, seperti penyiar atau presenter, adalah bahwa produser bertanggung jawab untuk mengatur dan membuat konten, sedangkan penyiar atau presenter bertugas menghadirkan konten tersebut kepada publik melalui siaran langsung.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Broadcasting
Jurnalistik
Film dan Televisi
Teknik Elektro (untuk fokus pada produksi audio dan visual)
Psikologi (untuk memahami perilaku audiens)
Desain Grafis (untuk mengembangkan keterampilan desain)
Pemasaran (untuk memahami strategi pemasaran media)
Teknik Informatika (untuk menguasai teknologi terkini di media)
Manajemen Bisnis (untuk mempelajari aspek manajemen dalam industri media)

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Media Nusantara Citra Tbk
PT MNC Sky Vision Tbk
PT Trans Media Corpora
PT Radio Rama Cirebon
PT Kompas Gramedia
PT Surya Citra Media Tbk
PT Visi Media Asia Tbk
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk
PT Global Mediacom Tbk
PT Jawa Pos Group