Public Relations Consultant

  Profil Profesi

Sebagai konsultan hubungan masyarakat, pekerjaan ini melibatkan membangun dan memelihara hubungan yang baik antara klien dan publiknya.

Tugas utama termasuk merancang strategi komunikasi, membuat materi promosi, serta mengatur dan melaksanakan acara atau peluncuran produk.

Dalam pekerjaan ini, juga diperlukan kemampuan negosiasi yang baik dan keterampilan dalam berhubungan dengan media massa dan influencer.

Apa saya cocok bekerja sebagai Public Relations Consultant?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Public Relations Consultant adalah individu yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, mampu beradaptasi dengan cepat dalam situasi yang berubah, dan memiliki keahlian dalam membangun hubungan baik dengan media dan masyarakat.

Mereka juga harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam merancang strategi komunikasi yang efektif dan mampu bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan dalam berbagai industri.

Jika kamu bukanlah seorang yang extravert, kurang memiliki keahlian komunikasi yang baik, dan tidak mampu beradaptasi dengan cepat, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Salah satu miskonsepsi tentang profesi Public Relations Consultant adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menciptakan citra positif bagi perusahaan atau individu tanpa memperhatikan kebenaran. Realitanya, tugas utama mereka adalah membangun hubungan yang baik antara klien dan publik dengan mengedepankan transparansi dan integritas.

Ekspektasi yang sering salah tentang Public Relations Consultant adalah bahwa mereka mampu memperbaiki reputasi yang rusak dalam waktu singkat. Namun, dalam realita, memperbaiki reputasi membutuhkan waktu, strategi yang matang, serta upaya yang berkelanjutan untuk memperoleh kepercayaan kembali dari publik.

Nyatanya, terdapat perbedaan yang jelas antara Public Relations Consultant dengan profesi lain yang terkait, seperti advertising atau marketing. Public Relations Consultant berfokus pada membangun hubungan yang baik dengan publik dan media, sementara advertising dan marketing lebih berorientasi pada promosi produk atau layanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa / Ilmu Komunikasi
Hubungan Masyarakat / Public Relations
Manajemen Pemasaran
Jurnalisme
Pemasaran Digital
Psikologi
Ilmu Politik dan Hubungan Internasional
Manajemen Bisnis
Bahasa dan Sastra Inggris
Seni dan Desain Grafis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telekomunikasi Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Astra International Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT HM Sampoerna Tbk
PT XL Axiata Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk