Reservation Officer

  Profil Profesi

Sebagai Reservation Officer, tugas utama adalah menerima dan mengatur reservasi pelanggan untuk akomodasi, seperti hotel atau restoran.

Kemampuan dalam mengelola reservasi dengan efisien dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan ramah dan profesional adalah sangat penting dalam pekerjaan ini.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerja sama dengan tim, mengelola inventaris, dan mengkoordinasikan perubahan dalam jadwal reservasi.

Apa saya cocok bekerja sebagai Reservation officer?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Reservation Officer adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja dengan cepat dalam mengatur reservasi hotel, penerbangan, atau transportasi lainnya, serta memiliki keahlian multitasking.

Keterampilan dalam bekerja dengan sistem reservasi dan pengetahuan tentang tempat wisata dan destinasi populer juga menjadi kelebihan bagi seorang Reservation Officer.

Jika kamu adalah seseorang yang kurang sabar dalam menghadapi situasi yang sering berubah-ubah, memiliki keterbatasan dalam mengorganisir jadwal, dan sulit berkomunikasi dengan berbagai tipe orang, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan reservation officer.

Konsep, ekspektasi dan realita

Salah satu miskonsepsi tentang profesi Reservation Officer adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menerima dan mengkonfirmasi reservasi hotel. Padahal, sebenarnya mereka juga bertugas mengatur pengaturan transportasi, menyusun paket liburan, dan memberikan rekomendasi tempat wisata kepada pelanggan.

Ekspektasi yang sering salah tentang Reservation Officer adalah bahwa mereka akan selalu tersedia untuk membantu pelanggan 24 jam sehari. Namun, realitanya adalah mereka juga memiliki jam kerja yang terbatas dan tidak selalu dapat memberikan layanan sepenuhnya di luar jam kerja.

Meskipun mirip dalam hal melayani pelanggan, Reservation Officer memiliki perbedaan dengan profesi Travel Agent. Reservation Officer lebih fokus pada pengaturan reservasi dan pengelolaan detail perjalanan pelanggan, sedangkan Travel Agent lebih berperan dalam membantu pelanggan dalam merencanakan perjalanan mereka secara keseluruhan, termasuk tiket pesawat, akomodasi, dan aktivitas wisata.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Pariwisata dan Perjalanan
Manajemen Event
Manajemen Perjalanan Bisnis
Manajemen Bisnis Internasional
Manajemen Sumber Daya Manusia
Komunikasi Periklanan dan Hubungan Masyarakat
Teknik Informatika
Manajemen Transportasi dan Logistik
Bahasa Asing dan Sastra Inggris

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Garuda Indonesia
Lion Air
Citilink
Batik Air
AirAsia
Sriwijaya Air
Wings Air
Traveloka
Agoda
Tiket.com