Seniman Digital

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai seniman digital melibatkan penggunaan teknologi dan software kreatif untuk menciptakan gambaran visual yang menarik dan memikat.

Tugas utama meliputi merancang dan mengembangkan karya seni digital, seperti ilustrasi, desain grafis, animasi, dan efek visual.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan eksplorasi dan aplikasi teknik baru serta berkolaborasi dengan tim untuk menghasilkan karya seni digital yang unik dan inovatif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Seniman digital?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Seniman Digital adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang kuat tentang desain dan seni visual, serta mampu menguasai perangkat lunak dan teknologi terkait dengan seni digital.

Dalam pekerjaan ini, seorang seniman digital juga perlu memiliki kemampuan problem-solving yang baik dan kemampuan untuk bekerja mandiri dalam menghasilkan karya-karya seni yang unik dan menarik.

Jika kamu tidak memiliki kreativitas yang tinggi dan kurang mahir dalam penggunaan teknologi digital, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai seniman digital.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang seniman digital adalah bahwa mereka hanya perlu duduk di depan komputer dan "menggambar" dengan menggunakan program komputer. Padahal, mereka juga harus memiliki keterampilan seni tradisional dan pemahaman yang dalam tentang desain grafis.

Ekspektasi banyak orang terhadap seniman digital adalah mereka dapat dengan mudah menghasilkan karya seni yang sempurna dan indah dalam waktu singkat. Namun, realitanya adalah mereka juga harus meluangkan waktu untuk melakukan riset, eksperimen, dan menghadapi kesulitan teknis serta kreatif.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti desainer grafis adalah bahwa seniman digital cenderung lebih fokus pada penggunaan teknologi dan memiliki kecenderungan untuk menghasilkan karya seni yang lebih eksperimental dan kreatif. Sedangkan desainer grafis lebih berorientasi pada menciptakan desain visual yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi klien.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Seni Rupa
Desain Grafis
Animasi
Ilustrasi
Multimedia
Teknologi Interaktif
Komunikasi Visual
Fotografi
Desain Produk
Seni Digital dan Teknologi Kreatif.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Tokopedia
Gojek
Traveloka
Bukalapak
Telkomsel
Grab
XL Axiata
Djarum
Garuda Indonesia
Ciputra Group