Spesialis Komunikasi Internal

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Spesialis Komunikasi Internal meliputi mengelola dan mengkoordinasikan semua kegiatan komunikasi internal di perusahaan.

Tugas utama meliputi merencanakan dan menyusun strategi komunikasi, memproduksi materi komunikasi seperti newsletter dan email, serta mengatur pertemuan internal.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memastikan informasi yang disampaikan kepada karyawan dalam perusahaan akurat dan tepat waktu, serta memelihara hubungan yang baik antara karyawan dan manajemen.

Apa saya cocok bekerja sebagai Spesialis Komunikasi Internal?

Seorang yang cocok untuk posisi Spesialis Komunikasi Internal adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, kreatif dalam menyampaikan pesan, dan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis publik yang berbeda.

Dalam tugasnya yang melibatkan hubungan dengan berbagai departemen dan tingkat organisasi, seorang Spesialis Komunikasi Internal juga harus memiliki keterampilan organisasi yang baik dan kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dengan tim.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit beradaptasi dengan perubahan, dan kurang memiliki minat dalam memahami dinamika organisasi.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Spesialis Komunikasi Internal adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengirimkan berita dan memo kepada karyawan. Namun, dalam realitanya, mereka juga harus mengembangkan strategi komunikasi yang efektif dan memastikan informasi yang disampaikan tepat, jelas, dan memotivasi karyawan.

Ekspektasi banyak orang tentang Spesialis Komunikasi Internal adalah bahwa mereka hanya perlu memiliki keterampilan komunikasi verbal yang baik. Namun, dalam realitanya, mereka juga harus menguasai media sosial, desain grafis, dan teknologi informasi untuk mengelola platform komunikasi internal yang efektif.

Perbedaan antara Spesialis Komunikasi Internal dan Public Relations (PR) adalah bahwa PR berfokus pada hubungan dengan masyarakat luar, sementara Spesialis Komunikasi Internal berfokus pada komunikasi dan koordinasi antara karyawan dan manajemen di dalam sebuah organisasi. PR bertanggung jawab untuk membangun citra positif perusahaan, sedangkan Spesialis Komunikasi Internal bekerja untuk memastikan kelancaran komunikasi internal yang efektif.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Ilmu Komunikasi
Public Relations
Psikologi Komunikasi
Jurnalistik
Digital Marketing
Teknik Informatika
Bahasa dan Sastra
Hubungan Internasional
Manajemen Sumber Daya Manusia

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Unilever Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Astra International Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Tokopedia
PT XL Axiata Tbk
PT Sinarmas Land
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)