Spesialis Penjualan IT

  Profil Profesi

Seorang Spesialis Penjualan IT adalah orang yang bertanggung jawab untuk mempromosikan dan menjual produk teknologi informasi kepada pelanggan.

Tugas utamanya meliputi mengidentifikasi peluang penjualan, menghubungi calon pelanggan, dan melakukan presentasi produk kepada mereka.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan bekerja sama dengan tim pemasaran dan dukungan teknis untuk memastikan kepuasan pelanggan yang optimal.

Apa saya cocok bekerja sebagai Spesialis Penjualan IT?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Spesialis Penjualan IT adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang tinggi tentang teknologi informasi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu membangun hubungan yang baik dengan klien.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau minat dalam bidang teknologi dan kurang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, maka kamu tidak cocok menjadi seorang spesialis penjualan IT.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Spesialis Penjualan IT adalah hanya bertanggung jawab dalam menawarkan produk IT kepada pelanggan. Padahal, dalam realita sehari-hari, seorang Spesialis Penjualan IT juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang produk, teknologi, serta kemampuan dalam memberikan solusi dan dukungan teknis kepada pelanggan.

Ekspektasi miskonsepsi tentang Spesialis Penjualan IT adalah mereka hanya berkomunikasi dengan pelanggan dalam bentuk pertemuan tatap muka. Namun, dalam realita, seorang Spesialis Penjualan IT juga harus menguasai komunikasi melalui email, telepon, dan melalui teknologi komunikasi lainnya.

Perbedaan antara profesi Spesialis Penjualan IT dan profesi lainnya seperti Marketing Manager adalah fokusnya. Spesialis Penjualan IT lebih fokus pada penjualan produk dan solusi IT kepada pelanggan, sedangkan Marketing Manager lebih fokus pada strategi pemasaran secara keseluruhan, termasuk promosi, branding, dan pengembangan pasar.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika
Sistem Informasi
Manajemen Informatika
Bisnis Teknologi Informasi
Manajemen Bisnis Teknologi Informasi
Bisnis Digital
Pemasaran Digital
Komunikasi Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Psikologi Bisnis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT. Microsoft Indonesia
PT. IBM Indonesia
PT. HP Indonesia
PT. Dell Indonesia
PT. Cisco Systems Indonesia
PT. Oracle Indonesia
PT. SAP Indonesia
PT. Indosat Ooredoo
PT. Telkom Indonesia
PT. XL Axiata