Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara

  Profil Profesi

Staf administrasi bagian pengadaan bandara bertanggung jawab dalam pengolahan data dan proses pengadaan untuk kebutuhan bandara.

Tugas utamanya mencakup mengumpulkan informasi dan dokumen terkait pengadaan, memvalidasi proposal dan penawaran dari pihak ketiga, serta menginput data dan membuat laporan terkait pengadaan.

Selain itu, staf ini juga berperan dalam berkomunikasi dengan vendor, pihak terkait, dan internal bandara untuk memastikan proses pengadaan berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Apa saya cocok bekerja sebagai Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara adalah seorang yang teliti, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan mampu bekerja dengan sistematis untuk mengelola proses pengadaan di bandara.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat berkoordinasi dengan departemen terkait, dan memiliki pengetahuan tentang peraturan dan prosedur pengadaan di sektor bandara.

Jika kamu tidak teratur, tidak teliti, dan tidak memiliki kemampuan dalam mengelola pengadaan dengan efisien, maka pekerjaan sebagai Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara tidak cocok untukmu.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara adalah bahwa pekerjaan ini hanya terdiri dari pekerjaan administratif rutin. Namun, kenyataannya, pekerjaan ini melibatkan pemantauan dan pengaturan pengadaan berbagai kebutuhan di bandara, yang melibatkan proses yang kompleks dan dinamis.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara hanya bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas yang diberikan tanpa usulan atau inisiatif tambahan. Namun, dalam realita, staf ini juga harus memiliki kemampuan pemecahan masalah, negosiasi, serta kemampuan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Staf Administrasi Umum, adalah fokus pekerjaan. Staf Administrasi Bagian Pengadaan Bandara memiliki fokus khusus pada pengadaan dan pengaturan kebutuhan di bandara, sementara Staf Administrasi Umum bertanggung jawab untuk tugas-tugas administratif umum di seluruh departemen atau organisasi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Transportasi
Administrasi Transportasi
manajemen Logistics
Administrasi Bisnis
Manajemen Pembelian dan Pengadaan
Teknik Industri
Manajemen Sumber Daya Manusia
Teknik Sipil
Manajemen Operasi
Manajemen Bisnis Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Angkasa Pura I (Persero)
PT Angkasa Pura II (Persero)
PT Gapura Angkasa
PT Angkasa Pura Logistik
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
PT Indonesia Transport & Logistics Solution (ITLS)
PT Surya Citra Manajemen Bandara
PT AirNav Indonesia (Persero)
PT Jasa Angkasa Semesta (JAS)