Strategi Branding

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang strategi branding melibatkan pengembangan dan implementasi strategi untuk membangun citra dan identitas merek.

Tugas utama meliputi melakukan riset pasar untuk memahami preferensi dan perilaku konsumen, merancang strategi komunikasi yang efektif, dan mengelola kampanye pemasaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pesaing, melakukan tracking performa merek, dan berkolaborasi dengan tim kreatif dan pemasaran untuk menciptakan pengalaman brand yang konsisten dan menarik bagi konsumen.

Apa saya cocok bekerja sebagai Strategi branding?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Strategi Branding adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang pasar dan tren konsumen, serta mampu menghasilkan ide-ide yang inovatif dalam membangun identitas merek yang kuat.

Selain itu, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik dalam menganalisis data pasar dan merumuskan strategi branding yang efektif.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki pemahaman yang baik tentang pemasaran dan tidak memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan strategi branding, kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Strategi branding adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menciptakan logo dan tagline, padahal sebenarnya jauh lebih kompleks dalam merancang strategi komunikasi dan mengelola citra merek secara keseluruhan.

Ekspektasi umum terhadap profesi Strategi branding adalah bahwa hasilnya langsung terlihat dalam peningkatan penjualan atau popularitas merek. Namun, realitanya adalah bahwa proses membangun dan memperkuat merek membutuhkan waktu yang cukup lama dan konsistensi dalam penerapannya.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti desain grafis adalah bahwa profesi Strategi branding lebih berfokus pada aspek strategis dalam membangun citra merek yang mengarah pada pencapaian tujuan bisnis, sedangkan desain grafis lebih bertujuan untuk menciptakan elemen visual yang menarik dan estetis.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Bisnis Internasional
Marketing Management
Pemasaran
Manajemen Bisnis
Periklanan
Komunikasi Pemasaran
Desain Komunikasi Visual
Manajemen Event
Public Relations

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Unilever Indonesia
Indofood
Telkom Indonesia
Bank Mandiri
Pertamina
Garuda Indonesia
Tokopedia
XL Axiata
Gojek
Sinar Mas Group