Supervisor Pelayanan Bandara

  Profil Profesi

Supervisor Pelayanan Bandara bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan pelayanan yang diberikan kepada penumpang di bandara.

Tugas utamanya termasuk mengawasi dan memberikan arahan kepada tim pelayanan bandara dalam memastikan penumpang mendapatkan pengalaman yang baik selama di bandara.

Selain itu, Supervisor Pelayanan Bandara juga harus mengatasi adanya permasalahan atau keluhan dari penumpang serta bekerja sama dengan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan bandara.

Apa saya cocok bekerja sebagai Supervisor Pelayanan Bandara?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Supervisor Pelayanan Bandara adalah seseorang yang memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, mampu bekerja di bawah tekanan dan memiliki pemahaman yang baik tentang operasi bandara.

Dengan tugas memimpin tim, menghadapi masalah yang tak terduga, dan memastikan efisiensi layanan, seorang kandidat harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi yang beragam.

Jika kamu tidak suka bekerja dengan jadwal yang berubah-ubah dan memiliki tingkat stres yang tinggi, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi Supervisor Pelayanan Bandara.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Supervisor Pelayanan Bandara adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang memberikan informasi kepada penumpang. Namun, kenyataannya, mereka juga bertanggung jawab untuk mengatasi situasi darurat, menangani keluhan penumpang, dan mengkoordinasikan berbagai departemen bandara.

Ekspektasi salah tentang Supervisor Pelayanan Bandara adalah bahwa mereka akan memiliki waktu luang yang cukup dan dapat mengatur jadwal dengan fleksibilitas. Namun, kenyataannya, mereka harus siap bekerja dalam shift yang tidak tetap, termasuk pada hari libur dan akhir pekan, serta siap tanggap dalam situasi darurat tanpa menghiraukan waktu.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Customer Service Representative, adalah bahwa Supervisor Pelayanan Bandara memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan kompleks. Mereka harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk maskapai penerbangan, petugas keamanan, dan layanan darat, untuk memastikan operasional bandara berjalan lancar dan kebutuhan penumpang terpenuhi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Transportasi
Manajemen Logistik
Manajemen Pariwisata
Manajemen Perhotelan
Manajemen Penerbangan
Manajemen Operasi
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Proyek
Manajemen Keamanan dan Keselamatan Penerbangan
Manajemen Layanan Pelanggan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Angkasa Pura I (Persero)
PT Angkasa Pura II (Persero)
PT Gapura Angkasa
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Lion Air
PT AirAsia Indonesia
PT Citilink Indonesia
PT Batik Air
PT Sriwijaya Air
PT Mandiri Utama Finance