Pekerjaan sebagai teknisi perhotelan melibatkan pemeliharaan, perbaikan, dan pengoperasian fasilitas teknis di dalam hotel.
Tugas utama teknisi perhotelan termasuk memeriksa sistem listrik, pendingin udara, pemanas air, serta peralatan lainnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.
Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam menangani permintaan pemeliharaan yang diajukan oleh tamu hotel dan berkoordinasi dengan departemen terkait untuk menjaga fasilitas hotel tetap dalam kondisi bersih, aman, dan nyaman.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Teknisi Perhotelan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknik, dapat bekerja dengan sistem perhotelan yang kompleks, serta memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi dalam operasional perhotelan.
Mengingat pekerjaan ini melibatkan kerjasama tim yang erat dengan departemen lain seperti housekeeping dan engineering, seorang teknisi perhotelan juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat.
Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki pengetahuan tentang perbaikan dan pemeliharaan peralatan hotel serta tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan tamu, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai teknisi perhotelan.
Miskonsepsi tentang Teknisi Perhotelan adalah mereka hanya bertugas melayani tamu dan merapikan kamar hotel. Padahal, tugas seorang Teknisi Perhotelan lebih luas dan meliputi pemeliharaan fasilitas teknis di dalam hotel, seperti sistem listrik, pendingin udara, dan perbaikan kecil di dalam kamar.
Ekspektasi yang salah tentang profesi sebagai Teknisi Perhotelan adalah pekerjaan mereka hanya berlangsung dalam kondisi yang nyaman dan teratur. Namun, realitanya, mereka sering bekerja dalam tekanan waktu dan harus siap merespon keadaan darurat, seperti kerusakan infrastruktur atau perbaikan mendesak di hotel.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Housekeeping atau Resepsionis, berada pada fokus dan bidang keahlian. Teknisi Perhotelan lebih berfokus pada pemeliharaan teknis, perbaikan, dan keselamatan fasilitas hotel, sedangkan Housekeeping bertugas membersihkan kamar dan area publik, serta Resepsionis bertanggung jawab dalam melayani tamu dan mengelola reservasi.