Petugas Kebersihan Perhotelan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai petugas kebersihan di bidang perhotelan melibatkan tugas membersihkan dan merawat kebersihan seluruh area di dalam hotel.

Tugas utama meliputi membersihkan kamar-kamar hotel, lobi, area umum, restoran, hingga fasilitas tambahan seperti kolam renang dan pusat kebugaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga memerlukan keahlian dalam mengatur waktu dan bekerja dengan cepat untuk menyelesaikan tugas kebersihan dengan efisien.

Apa saya cocok bekerja sebagai Petugas Kebersihan Perhotelan?

Orang yang cocok dengan pekerjaan sebagai petugas kebersihan perhotelan adalah seseorang yang bekerja dengan teliti, memiliki ketahanan fisik yang baik, dan dapat bekerja dengan cepat dan efektif dalam membersihkan ruangan-ruangan hotel.

Selain itu, seorang petugas kebersihan perhotelan juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat berinteraksi dengan tamu hotel dengan sopan dan ramah.

Jika kamu tidak suka bekerja fisik, merasa tidak nyaman dengan kebersihan yang ekstra, dan kurang memiliki ketrampilan teknis dalam pembersihan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai petugas kebersihan perhotelan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Petugas Kebersihan Perhotelan adalah bahwa pekerjaannya hanya membersihkan kamar hotel. Padahal, mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan area umum, seperti lobby, restoran, dan ruang konferensi.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Petugas Kebersihan Perhotelan hanya harus membersihkan permukaan yang terlihat saja. Padahal, mereka juga melakukan pekerjaan yang lebih detil, seperti membersihkan sarang debu dan mencuci seragam tamu.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti cleaning service di tempat lain, adalah bahwa Petugas Kebersihan Perhotelan harus memiliki pengetahuan dan penerapan protokol kebersihan dan sanitasi yang lebih ketat. Mereka juga harus siap bekerja dalam jadwal yang tidak tetap, mengikuti perputaran tamu, dan menghadapi situasi yang sering berubah dalam industri perhotelan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Tata Boga
Pariwisata
Manajemen Perhotelan
Kepariwisataan
Manajemen Restoran
Manajemen Layanan Makanan dan Minuman
Manajemen Katering
Manajemen Perjalanan Wisata
Administrasi Perhotelan
Manajemen Penginapan dan Akomodasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Grand Hyatt
Hotel Mandarin Oriental
Hotel Shangri-La
Hotel Four Seasons
Hotel The Ritz-Carlton
Hotel Kempinski
Hotel JW Marriott
Hotel InterContinental
Hotel Amanjiwo
Hotel Ayana