Kepala Departemen Kualitas Perhotelan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Kepala Departemen Kualitas Perhotelan adalah bertanggung jawab atas pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan di hotel.

Tugas utama meliputi mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang sesuai untuk meningkatkan kualitas layanan hotel.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap semua departemen di hotel untuk memastikan bahwa standar kualitas yang ditetapkan tercapai.

Apa saya cocok bekerja sebagai Kepala Departemen Kualitas Perhotelan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Departemen Kualitas Perhotelan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang standar kualitas perhotelan, memiliki pengalaman dalam industri perhotelan, dan memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat.

Diberikan tanggung jawab dalam mengelola dan meningkatkan kualitas layanan di hotel, kandidat ideal juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik dan mampu bekerja dengan tim untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Jika kamu tidak memiliki ketelitian yang tinggi, tidak memiliki pemahaman yang baik tentang standar kualitas, dan tidak memiliki kepekaan terhadap detail, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi Kepala Departemen Kualitas Perhotelan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Kepala Departemen Kualitas Perhotelan adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas memeriksa kebersihan kamar dan fasilitas hotel, padahal sebenarnya tanggung jawabnya juga mencakup mengaudit dan meningkatkan standar pelayanan serta mengelola keluhan tamu.

Ekspektasi banyak orang adalah Kepala Departemen Kualitas Perhotelan hanya mengendalikan kinerja staf lainnya, padahal dalam realita pekerjaannya jauh lebih kompleks, termasuk merancang dan melaksanakan program pelatihan, serta berkolaborasi dengan departemen lain untuk memastikan keselarasan standar kualitas.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer F&B atau General Manager Hotel, adalah bahwa Kepala Departemen Kualitas Perhotelan berfokus secara khusus pada manajemen kualitas dan pelayanan perhotelan, sementara profesi lain lebih mencakup pengelolaan operasional secara menyeluruh atau pengendalian aspek makanan dan minuman di hotel.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Pariwisata dan Perhotelan
Manajemen Kantor dan Administrasi Perhotelan
Manajemen Bisnis Hospitality
Manajemen Operasional Hotel
Manajemen Kualitas dan Keamanan Perhotelan
Manajemen Layanan Perhotelan
Manajemen Sumber Daya Manusia di Industri Perhotelan
Manajemen Bisnis Pariwisata dan Perhotelan
Manajemen Pemasaran untuk Industri Perhotelan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT XYZ Hotel Group
PT ABC Hospitality
PT DEF Hotel
PT GHI Resorts
PT JKL Hospitality Management
PT MNO Luxury Hotels
PT PQR International Resorts
PT STU Accommodation
PT VWX Hotel Chains
PT YZA Boutique Hotels