Sebagai Visitor Information Officer, tugas utama adalah memberikan informasi kepada pengunjung tentang objek wisata, acara, dan layanan yang tersedia.
Tanggung jawab meliputi merespons pertanyaan pengunjung, memberikan arahan dan petunjuk untuk lokasi-lokasi, dan membantu dalam pemesanan tiket atau reservasi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengelolaan brosur dan materi promosi, serta menjaga kebersihan dan keteraturan area informasi bagi pengunjung.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Visitor Information Officer adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang destinasi wisata, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu memberikan informasi yang akurat kepada pengunjung.
Sebagai seorang Visitor Information Officer, kemampuan interpersonal yang baik dan keramahan juga merupakan faktor penting untuk memberikan pengalaman yang positif kepada pengunjung.
Jika kamu adalah seorang yang tidak suka berinteraksi dengan orang, kurang memiliki pengetahuan tentang tempat-tempat wisata, dan tidak menyukai pekerjaan yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang informasi perjalanan, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Visitor Information Officer.
Miskonsepsi tentang Visitor Information Officer adalah bahwa pekerjaannya hanya memberikan informasi kepada pengunjung. Namun, kenyataannya, mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi kegiatan, menjawab pertanyaan yang kompleks, dan mengatasi situasi yang berbeda.
Ekspektasi yang salah tentang Visitor Information Officer adalah bahwa mereka akan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang semua objek wisata di suatu daerah. Namun, dalam realita, mereka hanya dapat memiliki pengetahuan umum dan mungkin tidak tahu secara spesifik tentang setiap tempat wisata.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Tour Guide, adalah bahwa Visitor Information Officer memberikan informasi umum sementara Tour Guide membawa wisatawan secara langsung ke tempat-tempat wisata dan memberikan penjelasan mendalam tentangnya.