Jurusan Bisnis dan Manajemen Retail adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk memahami industri retail dan mengembangkan keterampilan manajemen bisnis yang diperlukan.
Melalui mata kuliah seperti pemasaran, manajemen operasi, manajemen rantai pasok, dan manajemen strategis, mahasiswa akan belajar tentang aspek-aspek kunci dalam menjalankan bisnis retail yang sukses.
Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat di dunia bisnis, memiliki kreativitas dalam pengembangan strategi pemasaran, dan memiliki kemampuan dalam mengelola operasi bisnis secara efektif.
Mata kuliah di jurusan Bisnis dan Manajemen Retil mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Bisnis dan Manajemen Retil tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Ekspektasi: Jurusan Bisnis dan Manajemen Ritel hanya mempelajari tentang penjualan dan pemasaran produk ritel, tapi realitanya program studi ini juga mengajarkan tentang strategi bisnis, analisis konsumen, dan operasional ritel yang komprehensif.
2. Miskonsepsi: Beberapa orang berpikir lulusan Bisnis dan Manajemen Ritel tidak memiliki prospek karir yang luas; padahal mereka memiliki peluang kerja di berbagai industri, termasuk e-commerce, branding, dan supply chain management.
3. Perbedaan: Sering kali Bisnis dan Manajemen Ritel disamakan dengan jurusan Manajemen Umum, namun khususnya manajemen ritel memfokuskan pada dinamika industri ritel yang spesifik dan keahlian yang ditailor untuk sektor tersebut.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Bisnis dan Manajemen Retil: