Jurusan Manajemen Dakwah (MD) adalah program studi yang melibatkan pengkajian dan pengaplikasian metode dakwah dalam rangka menyebarkan ajaran Islam.
Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti metodologi dakwah, teori komunikasi, psikologi sosial, dan manajemen organisasi dakwah.
Jurusan ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang mampu menjadi dai yang profesional, kreatif, dan berbagai dalam menyampaikan pesan dakwah kepada masyarakat.
Jurusan Manajemen Dakwah sangat cocok bagi mereka yang memiliki kecintaan terhadap agama, memiliki komunikasi yang baik, dan memiliki semangat untuk berdakwah.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Dakwah (MD) mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Dakwah (MD) tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Ekspektasi: Lulusan Manajemen Dakwah hanya terbatas bekerja di lembaga keagamaan seperti masjid atau madrasah, padahal realitanya mereka memiliki peluang karir di sektor manajemen, komunikasi, dan media yang luas.
2. Miskonsepsi: Jurusan Manajemen Dakwah mirip dengan jurusan Ilmu Komunikasi, tetapi pada praktiknya Manajemen Dakwah lebih spesifik mengintegrasikan prinsip dakwah dalam strategi komunikasi dan manajemen.
3. Banyak orang menganggap studi di Manajemen Dakwah hanya fokus pada pengajaran agama, padahal kurikulumnya juga mencakup pengembangan keterampilan profesional dan analisis masyarakat yang beragam.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Dakwah (MD):