Jurusan Manajemen Dakwah adalah program studi yang fokus pada pengelolaan dan penyampaian pesan dakwah dengan menggunakan strategi dan metode yang efektif.
Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti komunikasi dakwah, psikologi dakwah, manajemen organisasi, dan ilmu komunikasi.
Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dai yang kompeten dan mampu menginspirasi masyarakat dengan pesan-pesan keagamaan.
Jurusan Manajemen Dakwah sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dan kemampuan dalam berkomunikasi, memiliki semangat dakwah, dan ingin memberikan dampak positif kepada masyarakat.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Dakwah mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Dakwah tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak orang mengira jurusan Manajemen Dakwah hanya mengajarkan tentang berdakwah di depan umum, padahal ia juga meliputi pengelolaan organisasi dan kegiatan keagamaan secara profesional.
2. Berbeda dengan Ilmu Dakwah yang lebih fokus pada konten dan penyampaian pesan keagamaan, Manajemen Dakwah menekankan pada strategi dan administrasi dalam menjalankan program dakwah.
3. Realita jurusan Manajemen Dakwah tidak terbatas pada pekerjaan di institusi keagamaan saja, lulusannya juga memiliki peluang karir di ranah manajerial dan konsultansi.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Dakwah: