Jurusan Manajemen Pemasaran Pariwisata adalah program studi yang mempelajari strategi dan teknik pemasaran khusus dalam sektor pariwisata.
Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari mata kuliah seperti manajemen destinasi pariwisata, branding pariwisata, digital marketing, dan analisis perilaku konsumen.
Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat pada industri pariwisata, senang berinteraksi dengan orang lain, dan memiliki kreativitas dalam menciptakan strategi pemasaran yang menarik bagi wisatawan.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Pemasaran Pariwisata mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak orang beranggapan bahwa Manajemen Pemasaran Pariwisata hanya tentang berwisata dan menikmati liburan, padahal studinya mencakup pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran dan pengembangan destinasi.
2. Ada ekspektasi bahwa lulusan jurusan ini akan langsung bekerja di hotel mewah atau maskapai penerbangan, sementara kenyataannya mereka sering kali memulai dari posisi yang lebih rendah dan harus bekerja keras dalam bidang manajerial dan operasional.
3. Manajemen Pemasaran Pariwisata sering dikira sama dengan jurusan Perhotelan, tetapi keduanya memiliki fokus yang berbeda; yang pertama fokus pada promosi dan pengembangan destinasi turistik, sementara yang kedua lebih tertuju pada operasional hotel dan layanan tamu.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Pemasaran Pariwisata: