Sebagai Asisten Administratif, tugas utama meliputi membantu dalam pengelolaan dan organisasi dokumen dan data perusahaan.
Tanggung jawab lainnya termasuk menjawab telepon, menyusun jadwal rapat, melakukan penjadwalan perjalanan, dan mendukung kegiatan administratif sehari-hari.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan departemen lain dalam perusahaan untuk memastikan operasional harian berjalan dengan lancar.
Profil orang yang cocok untuk pekerjaan sebagai Administrative Assistant adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mampu mengelola banyak tugas secara efektif, dan memiliki kemampuan organisasi yang tinggi.
Selain itu, seorang kandidat juga harus fleksibel, dapat beradaptasi dengan cepat, dan memiliki kemampuan problem solving yang baik.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan multitasking yang baik, sulit dalam mengelola file dan dokumen, serta tidak terbiasa dengan tugas-tugas administratif, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Administrative Assistant.
Ekspektasi miskonsepsi tentang profesi Administrative Assistant adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengatur jadwal dan membuat kopi, padahal sebenarnya mereka juga memiliki tugas mengelola dokumen, menyusun laporan, dan menangani komunikasi bisnis.
Perbedaan utama dengan profesi sekretaris adalah bahwa seorang Administrative Assistant tidak hanya bertanggung jawab untuk mendukung satu individu, tetapi juga dapat memperluas tanggung jawabnya untuk mendukung seluruh tim atau departemen.
Realita dari menjadi seorang Administrative Assistant adalah bahwa mereka adalah tulang punggung administratif dalam organisasi, memberikan dukungan operasional yang penting, serta menghadapi tantangan multi-tugas dan kebutuhan adaptasi yang tinggi.