Ahli distribusi film dan televisi bertanggung jawab dalam mengatur distribusi dan penyebaran film dan program televisi kepada penonton.
Tugas utama meliputi merencanakan strategi distribusi, menegosiasikan kontrak dengan distributor, dan mengatur jadwal tayang di berbagai platform.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar untuk menentukan target audiens yang tepat dan menjaga hubungan baik dengan mitra distribusi untuk memastikan kinerja yang optimal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan ahli distribusi film dan televisi adalah seorang yang memiliki pengetahuan luas tentang industri hiburan, memiliki keterampilan negosiasi yang baik, dan mampu mengatur dan mengelola jaringan distribusi yang efektif.
Sebagai seorang ahli distribusi film dan televisi, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat dalam industri tersebut.
Jika kamu tidak tertarik dengan industri film dan televisi, tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang produksi dan distribusi film, serta tidak memiliki koneksi yang kuat dengan para pemangku kepentingan di industri ini, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai ahli distribusi film dan televisi.
Miskonsepsi tentang menjadi ahli distribusi film dan televisi adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menonton film dan acara TV sepanjang hari. Padahal, mereka juga harus melakukan analisis pasar, merencanakan strategi distribusi, dan bekerja sama dengan produser dan penonton.
Ekspektasi yang tidak realistis tentang profesi ini adalah bahwa seorang ahli distribusi film dan televisi dapat dengan mudah membuat setiap film atau acara TV menjadi sukses. Padahal, kesuksesan distribusi bergantung pada banyak faktor, termasuk kualitas konten, pemasaran yang efektif, dan tren pasar.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pemasar film dan penjualan internasional, adalah bahwa ahli distribusi film dan televisi fokus pada mengatur dan mengelola aliran film dan acara TV di pasar domestik. Sementara profesi lain lebih berkaitan dengan pemasaran dan penjualan internasional serta ekspansi ke pasar luar negeri.