Beberapa tugas umum dalam pekerjaan ini meliputi riset pasar, analisis tren, dan pengembangan produk baru.
Selain itu, pekerja ini juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mencari solusi kreatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim lain, seperti tim pemasaran dan desain, untuk mengembangkan strategi produk yang efektif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Inovasi Produk adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan analisis yang kuat, dan mampu berpikir out-of-the-box dalam mengembangkan ide-ide baru untuk produk.
Kemampuan kolaborasi dan komunikasi yang baik juga dibutuhkan agar dapat bekerjasama dengan tim pemasaran, tim pengembangan produk, dan tim lainnya dalam merealisasikan inovasi produk tersebut.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ahli inovasi produk adalah mereka yang tidak memiliki kreativitas tinggi, resisten terhadap perubahan, dan tidak antusias dalam mencari solusi baru.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Inovasi Produk adalah bahwa mereka hanya perlu memiliki ide-ide brilian untuk menciptakan produk revolusioner yang sukses secara instan. Namun, realitanya, inovasi produk melibatkan proses yang panjang, termasuk riset pasar, pengembangan prototipe, dan iterasi berulang.
Ekspektasi yang salah tentang Ahli Inovasi Produk adalah bahwa mereka dapat menghasilkan produk yang akan menyenangkan semua orang. Namun, realitanya, inovasi produk harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan target pasar yang spesifik, tidak selalu memuaskan semua orang.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Ahli Pemasaran Produk, adalah bahwa Ahli Inovasi Produk bertanggung jawab untuk menciptakan konsep dan fitur baru dalam produk, sementara Ahli Pemasaran Produk bertugas mempromosikan dan memasarkan produk yang sudah ada kepada pelanggan.