Sebagai ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus, tugasnya adalah merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan khusus yang sesuai dengan kebutuhan individual anak.
Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak dengan berbagai kebutuhan khusus, seperti autisme, disleksia, atau gangguan perkembangan lainnya.
Dalam pekerjaan ini, ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus juga berperan sebagai mediator antara anak, keluarga, dan pihak-pihak terkait, seperti guru reguler, terapis, dan psikolog.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang kondisi dan kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus, serta memiliki empati yang tinggi terhadap anak-anak tersebut.
Seorang kandidat yang ideal juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan anak-anak dan mampu bekerja sama dengan orang tua serta tim di sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.
Jika kamu tidak sabar, tidak empati, dan tidak memiliki kesabaran dalam menghadapi tantangan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi pertama adalah bahwa ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus hanya mengajar anak dengan kebutuhan khusus secara individual, padahal mereka juga bisa mengajar dalam kelompok atau kelas reguler.
Miskonsepsi kedua adalah bahwa ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus hanya bekerja di lembaga pendidikan khusus, padahal mereka juga bisa bekerja di sekolah umum dengan berkolaborasi bersama guru-guru reguler.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti guru inklusi adalah bahwa ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus lebih fokus pada pembelajaran dan pengembangan anak dengan kebutuhan khusus, sementara guru inklusi juga memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi keberhasilan anak dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan kelas reguler.