Pekerjaan sebagai ahli sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum pendidikan melibatkan analisis dan penelitian mendalam terkait perkembangan sejarah Islam.
Tugas utama meliputi merancang dan mengembangkan kurikulum yang mencakup aspek sejarah Islam yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan institusi pendidikan, pemerintah, dan pakar lainnya untuk memastikan kesesuaian dan kualitas dari kurikulum yang disusun.
Profil orang yang cocok untuk menjadi ahli sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum pendidikan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang sejarah Islam, memiliki kemampuan untuk menganalisis dan memilih materi yang relevan untuk diajarkan, serta memiliki keterampilan dalam merancang kurikulum yang menarik dan interaktif.
Sebagai seorang ahli sejarah, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan informasi secara jelas dan efektif kepada siswa dan rekan kerja.
Seseorang yang tidak memiliki minat dan pengetahuan yang mendalam tentang sejarah Islam serta kurang berkomitmen dalam pengembangan kurikulum pendidikan, tidak cocok untuk menjadi ahli sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum pendidikan.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum pendidikan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengajar tentang sejarah Islam. Padahal, tugas mereka juga termasuk pengembangan kurikulum, penelitian, dan pembaruan materi pembelajaran.
Ekspektasi yang salah tentang Ahli Sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum adalah bahwa mereka hanya bekerja di dalam ruangan dan menghabiskan waktu mereka dengan membaca buku sejarah. Padahal, mereka juga harus keluar terjun langsung dalam penggalian data sejarah, bekerja dengan arsip, dan berkomunikasi dengan para pakar sejarah lainnya.
Perbedaan penting antara Ahli Sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum dan profesi yang mirip, seperti guru sejarah, adalah bahwa peran mereka melampaui kelas dan guru mengajar. Ahli Sejarah Islam dalam pengembangan kurikulum bertanggung jawab untuk menyusun bahan ajar, merencanakan pembelajaran yang sesuai, dan memastikan kurikulum berbasis pada penelitian yang akurat dan terkini.