Pekerjaan di bidang HR melibatkan pengelolaan sumber daya manusia perusahaan untuk memastikan keberlangsungan operasional perusahaan.
Tugas utama meliputi rekruitmen dan seleksi, pengelolaan data pegawai, administrasi kepegawaian, manajemen kinerja, dan pengembangan SDM.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan pegawai, penyelesaian konflik, implementasi kebijakan HR, dan pemenuhan kebutuhan pegawai dalam hal pelatihan dan pengembangan karir.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Bagian Kepegawaian (HR) adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang baik tentang hukum ketenagakerjaan, memiliki keterampilan dalam manajemen sumber daya manusia, dan mampu berinteraksi dengan berbagai jenis orang dalam situasi yang sensitif.
Sebagai bagian dari departemen yang mengurus tenaga kerja dan kebijakan perusahaan terkait karyawan, seorang kandidat di bidang HR juga harus memiliki kepribadian yang empati, sifat analitis yang kuat, dan kemampuan untuk menjaga kerahasiaan informasi yang rahasia.
Jika kamu memiliki sikap tidak kooperatif, sulit dalam berkomunikasi, dan kurang empati terhadap karyawan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan di Bagian Kepegawaian (HR).
Miskonsepsi tentang Bagian Kepegawaian (HR) adalah bahwa pekerjaan mereka hanya sebatas mengurus administrasi dan penggajian, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam strategi pengembangan sumber daya manusia dan manajemen kinerja karyawan.
Ekspektasi umum terhadap Bagian Kepegawaian adalah bahwa mereka akan memecahkan semua masalah yang terkait dengan karyawan, namun di realita mereka adalah fasilitator yang membantu karyawan dan manajemen untuk mencari solusi secara bersama-sama.
Perbedaan antara Bagian Kepegawaian (HR) dan profesi yang mirip seperti Manajer SDM adalah bahwa HR fokus pada aspek administratif dan strategi pengembangan karyawan, sedangkan Manajer SDM lebih difokuskan untuk mengelola sumber daya manusia agar tercapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.