Kepala Departemen Komunikasi

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Kepala Departemen Komunikasi melibatkan pengelolaan strategi komunikasi internal dan eksternal perusahaan.

Tugas utama meliputi pengembangan rencana komunikasi, penyusunan materi komunikasi, dan koordinasi dengan berbagai divisi untuk menyampaikan pesan perusahaan secara efektif.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan monitoring dan evaluasi terhadap keberhasilan kampanye komunikasi, serta menjaga hubungan baik dengan media dan pihak terkait lainnya untuk mendukung citra dan reputasi perusahaan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Kepala Departemen Komunikasi?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Departemen Komunikasi adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan kepemimpinan yang baik, dan strategis dalam merencanakan dan mengelola kampanye komunikasi perusahaan.

Sebagai pemimpin tim, seorang Kepala Departemen Komunikasi juga harus memiliki kemampuan untuk bekerja dengan berbagai pihak, seperti media, mitra bisnis, dan staf internal, serta memiliki pemahaman yang baik tentang dinamika industri dan tren komunikasi saat ini.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik atau kurang dapat bekerja dalam lingkungan yang sering berinteraksi dengan orang lain, kemungkinan kamu tidak cocok dengan menjadi Kepala Departemen Komunikasi.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Kepala Departemen Komunikasi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam menyampaikan pesan dan informasi, padahal sebenarnya mereka juga harus mengkoordinasikan strategi komunikasi, mengelola krisis, dan membangun hubungan dengan media dan publik.

Ekspektasi terhadap Kepala Departemen Komunikasi seringkali berlebihan, di mana dianggap bahwa mereka bisa "menyembuhkan" semua masalah komunikasi perusahaan. Namun, realitanya adalah bahwa mereka juga terbatas pada sumber daya, waktu, dan kebijakan perusahaan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, misalnya Manajer Hubungan Masyarakat, terletak pada tanggung jawab mereka. Kepala Departemen Komunikasi biasanya memiliki wewenang dan keputusan yang lebih strategis untuk memimpin tim dan mengembangkan strategi komunikasi perusahaan, sementara Manajer Hubungan Masyarakat lebih fokus pada pelaksanaan kegiatan komunikasi secara taktis.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Public Relations (Hubungan Masyarakat)
Jurnalisme
Manajemen Bisnis
Komunikasi Pemasaran
Hubungan Internasional
Manajemen Media
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Psikologi Komunikasi
Bahasa dan Sastra Inggris

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk