Ahli Komunikasi Sosial

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai ahli komunikasi sosial melibatkan analisis dan pengembangan strategi komunikasi untuk meningkatkan hubungan antara individu dan masyarakat.

Tugas utama meliputi riset pasar dan audiens, merancang pesan komunikasi yang efektif, serta melakukan evaluasi dan penyempurnaan strategi komunikasi.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan tim kreatif, manajemen media, dan stakeholder lainnya untuk memastikan pesan yang disampaikan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli komunikasi sosial?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Komunikasi Sosial adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, pemahaman mendalam tentang tren dan strategi komunikasi, serta mampu beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan yang dinamis, akan cocok dengan pekerjaan Ahli Komunikasi Sosial.

Mengingat pekerjaan ini melibatkan interaksi dengan berbagai pihak, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik, kreatif, dan mampu berpikir analitis.

Jika kamu memiliki kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain dan tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang ahli komunikasi sosial adalah bahwa pekerjaan mereka hanya berfokus pada mengelola media sosial dan posting konten yang menarik. Padahal, pekerjaan seorang ahli komunikasi sosial meliputi analisis data, strategi komunikasi, dan pengembangan program komunikasi yang lebih luas.

Ekspektasi terhadap ahli komunikasi sosial seringkali lebih tinggi daripada realitasnya. Banyak yang mengira bahwa ahli komunikasi sosial hanya perlu memiliki keahlian dalam berkolaborasi dengan influencer dan membuat konten viral, padahal pekerjaan mereka melibatkan banyak riset, analisis, dan strategi yang kompleks.

Perbedaan antara ahli komunikasi sosial dan profesi yang mirip, seperti manajer media sosial, adalah bahwa ahli komunikasi sosial memiliki pendekatan yang lebih holistik dalam memahami dan mengelola komunikasi organisasi atau entitas tertentu. Mereka tidak hanya fokus pada posting konten media sosial, tetapi juga melakukan riset, analisis data, dan pengembangan strategi untuk mencapai tujuan komunikasi yang lebih besar.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Hubungan Masyarakat
Jurnalisme
Administrasi Bisnis
Pemasaran
Psikologi
Antropologi
Ilmu Sosiologi
Ilmu Politik
Teknologi Informasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Gojek
Tokopedia
Bukalapak
Traveloka
Grab
Shopee
Telkom Indonesia
XL Axiata
Bank Mandiri
Indofood