Pekerjaan sebagai kepala departemen penjaminan kualitas melibatkan pengawasan dan pengendalian kualitas produk atau layanan yang dihasilkan oleh perusahaan.
Tugas utama meliputi merancang dan mengimplementasikan sistem penjaminan kualitas, melakukan audit internal untuk memastikan kesesuaian dengan standar yang ditetapkan, dan menindaklanjuti temuan atau masalah kualitas yang muncul.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerja sama dengan departemen lain dalam perusahaan, serta berkoordinasi dengan pemasok dan pelanggan untuk memastikan standar kualitas yang terjaga.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Departemen Penjaminan Kualitas adalah seorang yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang penjaminan kualitas, memiliki kepemimpinan yang kuat dan dapat mengambil keputusan secara tegas, serta memiliki kemampuan analisis yang baik untuk menganalisis data dan hasil pengujian.
Seseorang yang tidak teliti, tidak memiliki pemahaman mendalam tentang proses kualitas, dan tidak berorientasi pada detail mungkin tidak cocok untuk menjadi kepala departemen penjaminan kualitas.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala departemen penjaminan kualitas adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk merumuskan kebijakan dan tidak terlibat langsung dalam praktik penjaminan kualitas.
Ekspektasi pada profesi ini sering kali menganggap bahwa mereka akan memiliki kekuasaan penuh dalam mengubah sistem dan budaya organisasi, padahal mereka harus mempengaruhi dan bekerja sama dengan berbagai departemen lainnya.
Perbedaan dengan profesi mirip, seperti Manajer kualitas, adalah bahwa Kepala departemen penjaminan kualitas memiliki tanggung jawab yang lebih luas, termasuk pengembangan dan implementasi strategi penjaminan kualitas serta mengawasi seluruh sistem penjaminan kualitas organisasi.