Pekerjaan sebagai Koordinator Operasional Maskapai Penerbangan melibatkan pengawasan dan koordinasi kegiatan operasional maskapai penerbangan.
Tugas utama meliputi merencanakan dan mengorganisir jadwal penerbangan, memastikan ketersediaan pesawat dan awak kabin, serta memantau dan mengkoordinasikan proses check-in dan boarding penumpang.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penanganan situasi darurat dan pengelolaan konflik, serta menjaga hubungan baik dengan pihak terkait seperti petugas bandara dan departemen aviasi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Operasional Maskapai Penerbangan adalah seseorang yang memiliki kemampuan multitasking yang baik, pemahaman yang mendalam tentang operasi penerbangan, dan mampu bekerja di bawah tekanan dalam situasi yang cepat berubah.
Sebagai pemimpin tim, seorang Koordinator Operasional juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan problem solving yang baik, dan kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan tepat.
Jika kamu tidak suka bepergian, kurang tahan terhadap tekanan, dan tidak memiliki kemampuan multitasking yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi: Seorang koordinator operasional maskapai penerbangan hanya bertanggung jawab untuk mengatur jadwal penerbangan. Realitanya: Tugas koordinator operasional maskapai penerbangan juga meliputi penanganan masalah darurat, penjadwalan kru, dan mengelola persediaan pesawat.
Miskonsepsi: Ekspektasi tentang koordinator operasional maskapai penerbangan adalah pekerjaan yang melibatkan banyak bepergian dan mengunjungi destinasi menarik. Realitanya: Sebagian besar waktu, koordinator operasional maskapai penerbangan bekerja di dalam kantor dan fokus pada aspek logistik dan pengaturan operasional penerbangan.
Perbedaan dengan profesi mirip: Perbedaan antara koordinator operasional maskapai penerbangan dengan petugas pelayanan pelanggan maskapai penerbangan adalah bahwa koordinator operasional bertanggung jawab atas operasional dan penjadwalan penerbangan, sedangkan petugas pelayanan pelanggan bertanggung jawab untuk memberikan layanan dan bantuan kepada penumpang selama perjalanan mereka.