Sebagai Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan, tugas utama meliputi mengawasi dan mengkoordinasi proses pelayanan kepelabuhanan di pelabuhan.
Hal ini meliputi pemantauan kegiatan bongkar muat, penanganan dokumen, dan pengaturan jalur kapal yang masuk dan keluar dari pelabuhan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan stakeholder terkait, seperti pihak perusahaan, agen pelayaran, dan petugas keamanan pelabuhan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan adalah seorang yang memiliki pemahaman yang baik tentang industri maritim, memiliki keterampilan manajemen yang kuat, dan mampu mengelola tim dengan efektif.
Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berorientasi pada detail, dan dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan waktu.
Jika seseorang tidak memiliki kemampuan multitasking yang baik, sulit dalam berkomunikasi dengan baik, dan tidak mampu bekerja dalam tekanan yang tinggi, kemungkinan ia tidak cocok menjadi koordinator pelayanan kepelayanan.
Ekspektasi: Sebagai Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan, bekerja di kapal pesiar dan menghabiskan waktu dengan berlayar di lautan. Realita: Sebenarnya, Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan bekerja di pelabuhan dan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan semua pelayanan kepelabuhanan seperti kepabeanan, keamanan, dan logistik.
Ekspektasi: Profesi Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan mirip dengan pramugari atau steward kapal pesiar. Realita: Meskipun Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan juga bekerja di sekitar kapal pesiar, perbedaannya adalah bahwa pekerjaan mereka lebih berfokus pada manajemen dan administrasi pelayanan kepelabuhanan daripada melayani penumpang.
Ekspektasi: Profesi Koordinator Pelayanan Kepelabuhanan membutuhkan keterampilan pelayanan pelanggan yang tinggi. Realita: Meskipun interaksi dengan pelanggan dapat terjadi dalam pekerjaan ini, keterampilan yang lebih penting adalah kemampuan mengorganisir dan mengkoordinasikan berbagai pelayanan kepelabuhanan agar berjalan lancar dan efisien.