Manajer Diseminasi Informasi Kesehatan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Manajer Diseminasi Informasi Kesehatan melibatkan pengelolaan dan penyebaran informasi yang berhubungan dengan kesehatan kepada masyarakat.

Tugas utama meliputi merencanakan dan mengorganisir kampanye informasi kesehatan, seperti melalui penyuluhan, seminar, dan media sosial, serta mengawasi pelaksanaannya.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti institusi kesehatan dan organisasi masyarakat, untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai kesehatan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer diseminasi informasi kesehatan?

Orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Diseminasi Informasi Kesehatan adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan dan komunikasi.

Mereka harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta mampu mengelola proyek dan tim dengan efektif untuk menyampaikan informasi kesehatan yang akurat dan mudah dipahami kepada masyarakat.

Jika kamu tidak memiliki minat dalam meneliti dan mempelajari informasi kesehatan serta tidak terampil dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer diseminasi informasi kesehatan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Diseminasi Informasi Kesehatan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi kesehatan tanpa mempertimbangkan tingkat keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengelola dan menganalisis data kesehatan.

Ekspektasi yang salah adalah menganggap bahwa Manajer Diseminasi Informasi Kesehatan hanya perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik tanpa memperhatikan pemahaman mendalam tentang isu-isu kesehatan yang mereka sampaikan kepada masyarakat.

Perbedaan signifikan dengan profesi yang mirip, seperti pemasar kesehatan, adalah bahwa Manajer Diseminasi Informasi Kesehatan bertanggung jawab untuk menjaga keakuratan dan kesesuaian informasi kesehatan yang disampaikan, sedangkan pemasar kesehatan lebih fokus pada aspek pemasaran dan promosi produk atau layanan kesehatan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Kesehatan Masyarakat
Komunikasi Kesehatan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi Kesehatan
Jurnalisme Kesehatan
Teknologi Informasi Kesehatan
Sistem Informasi Kesehatan
Manajemen Kesehatan
Administrasi Kesehatan
Kebijakan Kesehatan
Studi Kesehatan Komunitas

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Rumah Sakit
Klinik Kesehatan
Firma Farmasi
Perusahaan Asuransi Kesehatan
Perusahaan Jamu Tradisional
Perusahaan Makanan dan Minuman Kesehatan
Perusahaan Suplemen Kesehatan
Perusahaan Penelitian Kesehatan
Organisasi Kesehatan Pemerintah
Organisasi Kesehatan Masyarakat