Pekerjaan ini melibatkan pengelolaan sumber daya manusia dan pengembangan tenaga kerja di industri pariwisata.
Tugas utama termasuk rekrutmen dan seleksi karyawan, penyusunan kebijakan dan prosedur SDM, serta melaksanakan program pelatihan dan pengembangan karyawan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penanganan permasalahan karyawan, pemantauan kinerja, dan peningkatan hubungan kerja yang efektif dalam industri pariwisata.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer HRD di Industri Pariwisata adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang industri pariwisata, memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, serta mampu mengelola tim dengan efektif dan efisien.
Berkaitan dengan karakteristik industri pariwisata yang dinamis dan berubah-ubah, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan mampu menghadapi tantangan dengan fleksibilitas.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki minat yang kuat dalam bidang pariwisata dan kurang memiliki kemampuan dalam menjalin hubungan dengan orang lain, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang Manajer HRD di Industri Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya mengurus administrasi dan rekrutmen karyawan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengembangkan SDM dan membangun budaya kerja yang sehat.
Ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita adalah menganggap bahwa Manajer HRD di Industri Pariwisata hanya berurusan dengan pegawai hotel, padahal mereka juga harus berhubungan dengan berbagai mitra bisnis, seperti biro perjalanan, restoran, dan atraksi wisata lainnya.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer SDM di Industri Pariwisata, adalah bahwa Manajer HRD fokus pada pengembangan dan pembinaan karyawan, sementara Manajer SDM lebih fokus pada pengelolaan kebijakan dan program pembinaan organisasi secara keseluruhan.