Manajer Hubungan Masyarakat Di Organisasi Pariwisata

  Profil Profesi

Bertanggung jawab dalam membangun hubungan baik antara organisasi pariwisata dengan masyarakat dan media.

Melakukan kegiatan promosi dan publikasi untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap destinasi pariwisata yang ditawarkan.

Mengelola kegiatan komunikasi dengan media dan mengkoordinasikan acara-acara promosi untuk memperkenalkan destinasi pariwisata kepada masyarakat luas.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer hubungan masyarakat di organisasi pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Hubungan Masyarakat di organisasi pariwisata adalah seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan mampu membangun hubungan yang baik dengan media dan masyarakat umum.

Mereka juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang industri pariwisata dan kreatif dalam merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan citra dan popularitas destinasi pariwisata.

Seorang yang tidak suka berhubungan dengan orang banyak, tidak pandai berkomunikasi, dan tidak memiliki wawasan dalam industri pariwisata mungkin tidak cocok untuk pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Hubungan Masyarakat di organisasi pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan menyusun acara dan mengelola media sosial, padahal sebenarnya pekerjaannya lebih luas dan meliputi hubungan dengan masyarakat, menciptakan citra positif, dan membangun hubungan dengan berbagai pihak terkait pariwisata.

Ekspektasi umum terhadap Manajer Hubungan Masyarakat di organisasi pariwisata adalah bahwa mereka akan menghabiskan waktu di destinasi wisata terkenal dan menikmati liburan secara gratis, namun realitasnya pekerjaan ini seringkali melibatkan tugas yang kompleks, seperti menghadapi krisis, merancang strategi promosi, dan berkomunikasi dengan media.

Perbedaan antara profesi Manajer Hubungan Masyarakat di organisasi pariwisata dengan profesi yang mirip seperti Travel Agent atau Tour Guide adalah fokus pekerjaannya. Manajer Hubungan Masyarakat lebih berfokus pada membangun dan memelihara citra positif organisasi pariwisata, sedangkan Travel Agent bertanggung jawab dalam melakukan perencanaan dan pengorganisasian perjalanan wisata, dan Tour Guide memiliki tugas untuk memberikan penjelasan dan membimbing turis saat melakukan perjalanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Pemasaran
Pariwisata dan Perhotelan
Hubungan Internasional
Kepariwisataan
Ilmu Komunikasi
Pendidikan Kepariwisataan
Periklanan dan Hubungan Masyarakat
Manajemen Perhotelan
Bisnis Pariwisata dan Perjalanan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Grand Hyatt Indonesia
PT. Taman Safari Indonesia
PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT. Jasa Marga (Persero) Tbk
PT. Taman Impian Jaya Ancol
PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
PT. Trans Studio Bandung
PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko
PT. Jakarta International Expo
PT. Tirta Investama (Aqua Group)