Pekerjaan sebagai manajer hubungan masyarakat maskapai penerbangan melibatkan menjalin dan memelihara hubungan baik dengan media, pelanggan, dan masyarakat umum.
Tugas utama meliputi menyusun strategi komunikasi, mengelola acara promosi, serta merespons pertanyaan dan masukan dari media dan pelanggan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penanganan krisis dan mengelola reputasi maskapai penerbangan agar tetap positif dalam pandangan publik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Hubungan Masyarakat Maskapai Penerbangan adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, berorientasi pada detail dan sangat terampil dalam mengelola hubungan dengan media dan publik.
Sebagai orang yang bekerja di industri penerbangan, seorang kandidat juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang industri tersebut, memiliki kreativitas dalam merancang strategi pemasaran dan promosi, serta kemampuan dalam menangani situasi yang memerlukan tanggapan cepat dan taktis dari perusahaan.
Jika kamu tidak pandai berkomunikasi dengan baik, tidak ramah dan tidak mampu bekerja di bawah tekanan, kamu tidak cocok menjadi seorang manajer hubungan masyarakat maskapai penerbangan.
Miskonsepsi tentang Manajer Hubungan Masyarakat maskapai penerbangan adalah bahwa pekerjaannya hanya mengatur perjalanan gratis dan menghadiri acara glamour, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk mengelola komunikasi strategis, menjaga citra perusahaan, dan menangani krisis.
Ekspektasi yang salah adalah mengira Manajer Hubungan Masyarakat maskapai penerbangan hanya akan bekerja di kantor dengan sedikit interaksi langsung dengan publik, namun kenyataannya mereka sering terlibat dalam pergantian jadwal, menangani keluhan penumpang, dan memberikan kontribusi dalam kegiatan promosi di lapangan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti marketing atau sales, adalah bahwa Manajer Hubungan Masyarakat maskapai penerbangan lebih fokus pada membangun dan menjaga hubungan dengan publik, termasuk penumpang, media, dan pihak terkait lainnya, serta membantu dalam menyampaikan pesan perusahaan secara efektif kepada publik.