Manajer Komunikasi Pemasaran

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai manajer komunikasi pemasaran melibatkan pengembangan dan implementasi strategi komunikasi untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

Tugas utama meliputi penyusunan rencana pemasaran, pengelolaan kampanye iklan dan promosi, serta pembuatan konten komunikasi seperti materi promosi, pers rilis, dan materi iklan.

Selain itu, manajer komunikasi pemasaran juga bertanggung jawab untuk menjalin hubungan dengan media, mitra bisnis, dan konsumen, serta melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi target audiens.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer komunikasi pemasaran?

Seorang yang cocok dengan peran Manajer Komunikasi Pemasaran adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, serta memiliki pemahaman yang baik tentang strategi pemasaran dan teknik branding.

Selain itu, mereka juga perlu memiliki keterampilan manajemen proyek yang baik dan dapat bekerja dengan efisien dalam tim multidisiplin.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer komunikasi pemasaran adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang memiliki strategi pemasaran yang kreatif, dan tidak memiliki ketertarikan dengan dunia periklanan dan branding.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Komunikasi Pemasaran adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam mengelola iklan. Namun, dalam realita, tugas mereka melibatkan strategi komunikasi yang lebih luas, termasuk mengelola citra merek dan hubungan dengan media serta pelanggan.

Ekspektasi biasanya mengarah pada pandangan bahwa Manajer Komunikasi Pemasaran hanya bekerja dalam lingkup promosi dan penjualan. Padahal, mereka juga bertanggung jawab dalam merancang strategi komunikasi yang efektif untuk mempengaruhi opini publik, membangun hubungan dengan pemangku kepentingan, serta mengelola krisis reputasi.

Berbeda dengan profesi yang mirip seperti Manajer Pemasaran atau Manajer Hubungan Masyarakat, Manajer Komunikasi Pemasaran memiliki fokus yang lebih spesifik pada mengelola semua aspek komunikasi merek yang mencakup iklan, promosi, media sosial, public relations, serta strategi komunikasi internal.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Pemasaran
Manajemen Bisnis
Manajemen Pemasaran
Ilmu Komunikasi
Manajemen Media dan Komunikasi Digital
Public Relations
Marketing Communications
Hubungan Masyarakat dan Komunikasi
Komunikasi Bisnis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Astra International Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Holcim Indonesia Tbk