Sebagai Manajer Pemasaran Pembiayaan, tugas utama meliputi mengembangkan strategi pemasaran untuk produk pembiayaan.
Selain itu, juga bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan promosi, seperti event dan kampanye pemasaran.
Pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar dan kompetitor untuk memastikan pembiayaan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai Manajer Pemasaran Pembiayaan adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan analitis yang kuat, dan mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Memiliki pengalaman dalam industri keuangan atau pembiayaan akan menjadi nilai tambah, serta kemampuan berkomunikasi yang baik dan mampu menjalin hubungan yang baik dengan mitra bisnis.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah seseorang yang kurang memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik, tidak memiliki kemampuan untuk mengambil risiko, dan tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang industri pembiayaan.
Miskonsepsi tentang Manajer Pemasaran Pembiayaan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab mengumpulkan dana dari klien. Padahal, tugas sesungguhnya adalah mengelola dan mengembangkan strategi pemasaran untuk memperoleh pembiayaan.
Ekspektasi umumnya adalah bahwa Manajer Pemasaran Pembiayaan akan langsung terlibat dalam proses pengambilan keputusan mengenai pembiayaan. Namun, realitanya mereka lebih fokus pada menganalisis peluang pasar dan merancang kampanye pemasaran yang menarik bagi klien potensial.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Keuangan atau Manajer Pemasaran biasa, adalah bahwa Manajer Pemasaran Pembiayaan memiliki pengetahuan khusus dalam industri keuangan dan kemampuan untuk memahami kebutuhan pembiayaan yang unik dari setiap bisnis atau proyek.