Sebagai Manajer Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sosial, tanggung jawabnya adalah merancang dan mengembangkan kurikulum yang relevan dengan perkembangan sosial saat ini.
Manajer ini juga bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan analisis kebutuhan pendidikan sosial, serta mengkoordinasikan dengan tim guru untuk implementasi kurikulum yang telah dirancang.
Selain itu, Manajer Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sosial juga harus melakukan evaluasi dan pembaruan secara berkala terhadap kurikulum yang ada untuk memastikan kualitas dan relevansi pendidikan sosial yang diberikan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sosial adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang bidang pendidikan sosial, memiliki keterampilan dalam merencanakan dan mengelola kurikulum, serta kemampuan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait dalam pengembangan kurikulum pendidikan sosial.
Dalam posisi ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat, kepekaan terhadap isu-isu sosial yang beragam, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam bidang pendidikan sosial.
Jika kamu tidak memiliki latar belakang pendidikan sosial, tidak memiliki keahlian dalam pengembangan kurikulum, dan tidak memiliki keterampilan manajerial, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang Manajer Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sosial adalah bahwa pekerjaannya hanya mengurus penyesuaian kurikulum, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap implementasi kurikulum tersebut di sekolah.
Ekspektasi terhadap Manajer Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sosial adalah mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di kantor, padahal kenyataannya mereka juga harus aktif berinteraksi dengan guru-guru dan siswa-siswa di sekolah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kurikulum pendidikan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Guru atau Kepala Sekolah, adalah Manajer Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sosial memiliki fokus yang lebih khusus dalam merancang, mengembangkan, dan memperbaiki kurikulum pendidikan sosial. Mereka juga lebih bertanggung jawab dalam melakukan koordinasi antara berbagai pihak terkait, seperti guru, kepala sekolah, dan pihak-pihak terkait lainnya.