Sebagai Manajer Penjualan Internasional, tanggung jawab utama adalah mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan untuk produk perusahaan di pasar internasional.
Selain itu, pekerjaan ini melibatkan mencari pelanggan baru, menegosiasikan kontrak penjualan, dan memastikan pencapaian target penjualan yang ditetapkan.
Dalam peran ini, juga penting untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada, serta mengawasi dan mendukung tim penjualan internasional.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Penjualan Internasional adalah seseorang yang memiliki kemampuan negosiasi yang kuat, berorientasi pada target, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar internasional.
Dalam posisi ini, individu juga perlu memiliki kemampuan komunikasi antarbudaya yang baik dan kemampuan dalam mengatur logistik pengiriman internasional.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang kurang memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dengan berbagai budaya, tidak memiliki kemampuan dalam menjalin hubungan bisnis internasional, dan tidak memiliki keinginan untuk bekerja dengan jadwal yang fleksibel dan sering bepergian.
Ekspektasi tentang profesi Manajer Penjualan Internasional adalah bahwa mereka bepergian ke negara-negara yang eksotis dan menghadiri pertemuan bisnis yang mewah. Namun, realitanya adalah bahwa sebagian besar waktu mereka dihabiskan di kantor, melakukan negosiasi melalui telepon dan email.
Salah satu perbedaan antara profesi Manajer Penjualan Internasional dengan profesi yang mirip, seperti Penjual Internasional, adalah bahwa Manajer Penjualan Internasional bertanggung jawab tidak hanya untuk menjual produk, tetapi juga mengelola tim penjualan internasional secara keseluruhan.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa Manajer Penjualan Internasional hanya bekerja dengan klien asing. Namun, kenyataannya mereka juga akan berhubungan dengan klien dalam negeri untuk merencanakan strategi penjualan internasional dan bersaing dengan persaingan global.