Sebagai seorang marketing executive event, tugas utama adalah mengembangkan strategi pemasaran untuk acara-acara yang akan diadakan.
Hal ini meliputi perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran, termasuk penyebaran materi promosi, pengelolaan media sosial, dan pemilihan media pemasaran yang efektif.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi dan kerjasama dengan sponsor, penjualan tiket, dan pengelolaan hubungan dengan mitra dan vendor terkait acara.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Executive Event adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu mengatur acara dengan baik, akan cocok dengan pekerjaan Marketing Executive Event.
Dalam industri event, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang kuat dan mampu bekerja dengan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan yang tidak terduga.
Jika kamu tidak suka bertemu dengan banyak orang, kurang berbakat dalam komunikasi, dan tidak memiliki kreativitas yang tinggi, maka pekerjaan sebagai marketing executive event mungkin tidak cocok untukmu.
Miskonsepsi tentang profesi Marketing Executive Event adalah bahwa mereka hanya perlu menghadiri acara dan bersenang-senang. Realitanya, mereka harus bekerja keras dalam perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan acara dengan target yang ketat.
Ekspektasi terhadap Marketing Executive Event adalah bahwa mereka akan sering bepergian dan menghadiri acara mewah. Namun, realitanya mereka harus berurusan dengan tantangan seperti anggaran terbatas, koordinasi vendor, dan mengatasi masalah teknis saat acara berlangsung.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Event Planner adalah bahwa Marketing Executive Event tidak hanya bertanggung jawab dalam perencanaan dan pelaksanaan acara, tetapi juga harus menjalankan strategi pemasaran untuk mempromosikan acara dan mencapai target audiens yang diinginkan. Sementara Event Planner lebih berfokus pada aspek logistik dan perencanaan acara secara umum.