Tugas utama seorang operations manager di perusahaan perjalanan adalah mengelola dan mengawasi proses operasional yang berhubungan dengan perjalanan wisata.
Pekerjaan ini mencakup pengelolaan reservasi, logistik transportasi, dan koordinasi dengan mitra perjalanan, seperti hotel dan maskapai penerbangan.
Selain itu, seorang operations manager juga bertanggung jawab dalam memastikan kualitas layanan yang optimal dan memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi selama perjalanan wisata.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Operations Manager di perusahaan perjalanan adalah memiliki pengalaman yang kuat dalam industri perjalanan, memiliki kemampuan organisasi yang tinggi, dan mampu menghadapi tantangan yang kompleks dalam mengatur operasional perjalanan.
Sebagai seorang Operations Manager, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan dalam memimpin tim, berkomunikasi dengan baik, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri perjalanan.
Jika kamu tidak terbiasa dengan menjalankan banyak tugas secara bersamaan, sulit dalam mengatur segala sesuatu dengan rapi, dan kurang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang sering terjadi, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai operations manager di perusahaan perjalanan.
Miskonsepsi tentang profesi Operations Manager di perusahaan perjalanan adalah bahwa mereka hanya bekerja untuk membuat jadwal perjalanan dan memesan tiket, padahal tugas mereka jauh lebih kompleks dan melibatkan mengelola operasional, anggaran, dan tim.
Ekspektasi yang seringkali tidak sesuai dengan realita adalah bahwa seorang Operations Manager di perusahaan perjalanan akan sering bepergian dan memiliki waktu luang untuk liburan. Padahal, pekerjaan mereka lebih berfokus pada mengatur perjalanan orang lain, bukan untuk berlibur sendiri.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Travel Agent, adalah bahwa seorang Operations Manager lebih fokus pada pengaturan dan pengelolaan aspek operasional perjalanan, sedangkan seorang Travel Agent lebih fokus pada membantu pelanggan untuk merencanakan dan memesan perjalanan mereka.