Sebagai peneliti bidang kebutuhan khusus, tugas utama adalah mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan anak-anak atau individu dengan kebutuhan khusus.
Pekerjaan ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan penilaian, serta menganalisis data tersebut untuk merumuskan rekomendasi dan strategi intervensi yang tepat.
Selain itu, sebagai peneliti juga perlu berkolaborasi dengan stakeholder terkait, mengadakan presentasi, dan mempublikasikan hasil penelitian untuk kontribusi pengetahuan di bidang kebutuhan khusus.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti bidang kebutuhan khusus adalah seseorang yang memiliki minat dan kepedulian tinggi terhadap pendidikan dan kesejahteraan anak-anak dengan kebutuhan khusus, memiliki ketelitian dalam mendokumentasikan data penelitian, serta memiliki keahlian dalam menganalisis dan menyusun laporan penelitian.
Jika kamu tidak memiliki minat dan empati yang tinggi terhadap anak-anak dengan kebutuhan khusus serta kurang sabar dalam menghadapi tantangan, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti bidang kebutuhan khusus.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti bidang kebutuhan khusus adalah bahwa pekerjaannya hanya terbatas pada mengajar atau membantu individu dengan kebutuhan khusus, padahal sebenarnya mereka juga melakukan riset intensif untuk mengembangkan metode dan pendekatan baru dalam pendidikan inklusif.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa peneliti bidang kebutuhan khusus hanya bekerja di kelas atau lembaga pendidikan khusus, padahal sebenarnya mereka juga terlibat dalam kolaborasi dengan berbagai lembaga dan organisasi terkait untuk meningkatkan pemahaman dan mendukung individu dengan kebutuhan khusus secara lebih luas.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti terapis okupasi atau psikolog adalah bahwa peneliti bidang kebutuhan khusus lebih fokus pada aspek akademik dan pendidikan individu dengan kebutuhan khusus. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pedagogi inklusif dan melakukan riset untuk menginformasikan praktik pendidikan khusus yang lebih baik.