Sebagai peneliti lapangan di lembaga riset pendidikan, tugasnya adalah melakukan pengumpulan data dan informasi terkait dengan pendidikan di lapangan.
Hal ini meliputi observasi langsung di sekolah, wawancara dengan guru, siswa, dan orang tua, serta analisis dokumen terkait dengan pendidikan.
Selain itu, peneliti lapangan juga bertanggung jawab untuk menganalisis data yang terkumpul dan menyusun laporan hasil penelitian yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam bidang pendidikan.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai Peneliti Lapangan di lembaga riset pendidikan adalah seseorang yang memiliki kemampuan observasi yang tajam dan analisis yang baik, serta memiliki kecakapan dalam mengumpulkan data dan melakukan wawancara terhadap peserta penelitian.
Sebagai peneliti lapangan, individu ini juga harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan dalam tim.
Jika kamu tidak tertarik dengan melakukan observasi detail, sulit mengorganisir data, dan tidak mampu bekerja di alam terbuka, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi peneliti lapangan di lembaga riset pendidikan adalah bahwa mereka hanya bekerja di kantor atau laboratorium, padahal sebenarnya mereka aktif terlibat dalam pengumpulan data dan observasi langsung di lapangan.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa peneliti lapangan akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di luar ruangan, sementara kenyataannya mereka juga meluangkan waktu untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan.
Perbedaan dengan profesi terkait seperti guru atau dosen adalah bahwa peneliti lapangan lebih fokus pada pengumpulan data dan analisis, sementara guru atau dosen lebih fokus pada pengajaran dan pembelajaran di kelas.