Pekerjaan sebagai ahli riset pendidikan inklusi melibatkan penelitian dan analisis untuk mendukung pengembangan pendidikan inklusif.
Tugas utama meliputi mengumpulkan data, mengatur dan menganalisis data hasil penelitian, serta menyusun laporan penelitian yang menjadi dasar bagi pembangunan program pendidikan inklusif.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan pihak terkait, seperti pengajar, pengawas, dan orang tua, untuk menjalin kerjasama dalam mengimplementasikan pendekatan inklusif di lingkungan pendidikan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Riset Pendidikan Inklusi adalah seorang yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang pendidikan inklusi, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan mampu menerapkan metodologi penelitian yang sesuai.
Kandidat yang cocok juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, baik dalam berbicara maupun menulis, serta memiliki ketertarikan yang tinggi dalam upaya meningkatkan inklusi pendidikan bagi semua anak.
Jika kamu tidak memiliki minat atau kepedulian terhadap masalah-masalah inklusi di dunia pendidikan, maka kamu tidak cocok sebagai ahli riset pendidikan inklusi.
Salah satu miskonsepsi tentang profesi ahli riset pendidikan inklusi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menciptakan program inklusi di sekolah. Padahal, tugas mereka meliputi penelitian, pengembangan kebijakan, serta pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa.
Ekspektasi terhadap ahli riset pendidikan inklusi seringkali terlalu tinggi, di mana diharapkan mereka dapat dengan cepat menyelesaikan semua masalah dan hambatan dalam implementasi inklusi di sekolah. Namun, dalam realita, proses tersebut membutuhkan waktu dan kerjasama antara berbagai pihak terkait.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru inklusi, adalah bahwa ahli riset pendidikan inklusi memiliki fokus utama pada penelitian dan pengembangan kebijakan, sementara guru inklusi lebih terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan mendampingi siswa dengan kebutuhan khusus dalam kelas.