Sebagai pengajar Bahasa dan Kebudayaan Lampung di Perguruan Tinggi, tugas utama saya adalah mengajar dan memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari bahasa dan kebudayaan Lampung.
Selain itu, saya juga bertanggung jawab untuk menyusun materi pembelajaran, merancang aktivitas percobaan, serta mengoreksi tugas dan ujian.
Pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan kolega dan pembinaan mahasiswa agar mereka dapat memahami dan menghargai kekayaan bahasa dan budaya Lampung.
Seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang bahasa dan budaya Lampung serta pengalaman dalam pengajaran dan penelitian di bidang tersebut, akan cocok sebagai pengajar Bahasa dan Kebudayaan Lampung di Perguruan Tinggi.
Dalam mengajar di perguruan tinggi, seorang pengajar Bahasa dan Kebudayaan Lampung juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menginspirasi dan mengmotivasi mahasiswa dalam mempelajari bahasa dan budaya Lampung.
Seorang yang tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Bahasa dan Kebudayaan Lampung serta tidak memiliki minat dalam mengajarkan dan menyebarkan pengetahuan tersebut, kemungkinan tidak cocok sebagai seorang pengajar Bahasa dan Kebudayaan Lampung di Perguruan Tinggi.
Miskonsepsi tentang profesi Pengajar Bahasa dan Kebudayaan Lampung di Perguruan Tinggi adalah bahwa mereka hanya mengajar bahasa Lampung saja, padahal sebenarnya tugas mereka juga meliputi pembelajaran kebudayaan Lampung secara menyeluruh.
Banyak yang berharap bahwa pengajar ini akan menjadi ahli dalam bahasa dan budaya Lampung, namun realitanya mereka juga harus memiliki keahlian dalam bidang pendidikan dan pengajaran agar dapat memberikan pengajaran yang efektif dan interaktif kepada mahasiswa.
Perbedaan mendasar dengan profesi yang mirip, seperti penerjemah atau penulis, adalah bahwa pengajar Bahasa dan Kebudayaan Lampung di Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kurikulum, merancang dan mengajar mata kuliah tertentu, serta melakukan penelitian dan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan kebudayaan Lampung.