Pengembang Produk Atau Konten Kreatif

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pengembang produk atau konten kreatif membutuhkan keterampilan dalam merancang dan mengembangkan produk atau konten yang menarik dan inovatif.

Pekerjaan ini melibatkan proses pengumpulan dan analisis data pasar, serta kebutuhan dan preferensi pengguna, untuk menciptakan produk atau konten yang relevan dan mengikuti tren saat ini.

Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan dalam mengatur dan mengelola waktu serta bekerja sama dengan tim lain untuk menghasilkan produk atau konten yang berkualitas tinggi.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang Produk atau Konten Kreatif?

Seorang yang kreatif, inovatif, dan memiliki minat yang kuat dalam mengembangkan produk atau konten kreatif akan cocok dengan pekerjaan sebagai Pengembang Produk atau Konten Kreatif.

Kemampuan dalam merancang konsep yang menarik, memahami tren pasar, dan memiliki jiwa entrepreneur juga merupakan profil yang cocok untuk pekerjaan ini.

Jika kamu tidak memiliki daya imajinasi yang kuat dan kesulitan dalam berpikir kreatif, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang pengembang produk atau konten kreatif adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan "bermain-main" dan tidak membutuhkan keahlian teknis yang mendalam. Realitanya, pengembang produk atau konten kreatif memerlukan pemahaman mendalam tentang desain, pemrograman, dan strategi bisnis untuk menciptakan solusi kreatif yang efektif.

Salah satu ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa pengembang produk atau konten kreatif akan selalu bersenang-senang dan bebas dari tekanan atau batasan waktu. Nyatanya, mereka juga harus menghadapi tenggat waktu ketat, mengelola harapan klien, dan melakukan revisi berulang untuk memastikan produk atau konten yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan.

Perbedaan penting antara pengembang produk atau konten kreatif dengan profesi mirip seperti desainer grafis adalah bahwa pengembang produk atau konten kreatif tidak hanya terlibat dalam merancang tampilan visual yang menarik, tetapi juga bertanggung jawab untuk mengembangkan solusi teknis yang dapat diimplementasikan. Mereka harus memiliki pemahaman yang lebih luas tentang strategi bisnis, UX/UI, serta kemampuan pemrograman yang solid.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Desain Produk atau Desain Grafis
Teknik Informatika atau Ilmu Komputer
Seni Rupa atau Desain Komunikasi Visual
Teknik Elektro atau Teknik Telekomunikasi
Animasi atau Desain Karakter
Multimedia atau Komunikasi
Teknik Industri atau Manajemen Produksi
Psikologi atau Ilmu Komunikasi
Jurnalistik atau Public Relations
Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Tokopedia
GO-JEK
Traveloka
Bukalapak
Shopee
Telkom Indonesia
XL Axiata
Lazada Indonesia
Grab Indonesia
Google Indonesia